Masalah Pompa Air Lemah & Cepat Panas

Cara mengecek kondisi mesin pompa air yang sedotanya sangat melemah dan menjadi mesin pompa air cepat panas merupakan kejadian yang harus segera di perbaiki dan Anda atasi. Masalah seperti ini jika di biarkan berlama lama maka akan menimbulkan kerusakan yang lebih fatal di kemudian hari.
Mesin pompa air yang bekerja sangat lemah bisa Anda deteksi dari kapasitas debit air yang di keluarkan dari pipa outputnya. Biasanya permasalahan ini sangat berhubungan dengan banyak hal, mulai dari sumber mata air, mesin pompa air hingga pemasangan pipa yang kurang tepat.
Jika mesin sudah sangat lama dan tidak terjaga perawatannya dengan baik, performanya akan menurun seiring waktu pemakaiannya. Solusinya adalah dengan membersihkan secara menyeluruh mulai dari mesin hingga semua rangkaian pipanya untuk memastikan masih dalam keadaan sempurna dan terpasang dengan tepat.

Cara mengecek pompa air lemah

1. Cek voltase listrik yang masuk ke mesin pompa

Dinamo mesin pompa air yang bekerja di bawah suplay tegangan normal akan membuat pergerakan berputarnya lebih lamban, pastikan voltase di rumah anda 200 – 220 volt

2. Cek bagian bagian mesin pompa air
  • Bagian impeller atau kipas : bersihkan semua kotoran yang menempel di bagian luar maupun di dalam impeler atau kipas sampai bersih.
  • Bagian seal : pastikan karet dan keramik seal masih keadaan bagus tidak retak.
  • Bagian rumah bearing atau laher : periksa rumah bearingnya dengan menarik as rotornya maju mundur, jika oblak atau goyang bongkar dinamonya dan lem besi atau ketrek sedikit dengan obeng pas di blok rumah bearingnya depan dan belakang.
3. Cek mata jet dan saringan

Angkat pemasangan pipa mata jet dari dalam sumur bor, buka dan bersihkan mata jet terutama pada lubang swit, dan bersihkan juga pada bagian tussen klep, saringan pipa atau filteranya sampai bersih.

4. Cek sumber mata air

Pastikan sumber mata airnya ada dan cukup.
Banyaknya kotoran yang menempel pada pipa pemasangan dan  di impeller atau kipas mesin pompa, juga akan memicu mesin menjadi melemah sedotanya dan cepat panas.
Akibatnya debit yang di hasilkan juga akan menurun selain kerja mesin yang cepat panas.
Untuk mengantisipasi mesin pompa air yang cepat panas juga harus memperhatikan sirkulasi udara yang di terima oleh mesin pompa air, harus bebas dari segala halangan. Jangan menempatkan mesin pompa air di dalam rumah pompa yang terlalu sempit dan tertutup rapat.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda yang bermasalah dengan mesin pompa airnya, dan bila mesin pompa air Anda masih bermasalah, Anda bisa menghubungi kami, kami siap melayani dan mengatasi problem mesin pompa air Anda.

Selain jasa perbaikan mesin pompa air kami juga melayani jasa-jasa yang lain seperti :

  • Jasa pengeboran sumur standar jet pump, semi jet pump & semi artetis
  • Perbaikan mesin pompa air jet pump, semi jet pump, boster, submarsible & centryfugal
  • Pemasangan & perbaikan instalasi air mampet / bocor
  • Pemasangan & pengurasan Filter air
  • Pembuatan & perbaikan panel pompa submarsible
  • Jasa pemasangan & perbaikan mesin pemanas air

Cari ahli pengeboran sumur dan service pompa air di Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi ?
Bisa langsung menghubungi kami di nomor telpon di bawah ini :

WA        : 0817 – 9899 – 660
Telpon  : 0852 – 8640 – 9400
E-mail  : her@servicepompaciputat.com
Web      : https://servicepompaciputat.com

Percayakan masalah air Anda kepada kami.
Pengerjaan yang cepat profesional dan bergaransi.
Terima Kasih atas kunjungan Anda.

Banyu Agung Teknik
Mengatasi masalah pompa air lemah & cepat panas
Jl. Masjid Darusalam No 51
Kedaung – Pamulang
Tangerang Selatan